bisnis Online

You Should Know: Online Business Investing

Banyak pengusaha menemukan bahwa membeli bisnis online adalah investasi yang menguntungkan, baik dari segi kepuasan pribadi maupun keuangan. Namun, penting untuk melakukan riset dan membuat peta jalan yang jelas menuju sukses sebelum mengambil langkah ini.

bisnis Online

Artikel ini mencakup:

Cara kerja investasi dalam bisnis online Apa yang harus dicari saat mengakuisisi bisnis online Jenis bisnis online yang dapat Anda investasikan Manfaat pajak dari membeli bisnis online

Berinvestasi dalam bisnis online: bagaimana cara kerjanya?

Ada beberapa fase kunci yang perlu diperhatikan saat berinvestasi di bisnis online, guna meningkatkan peluang investasi yang berhasil. Fase-fase tersebut meliputi:

Menetapkan kriteria investasi – Ini menetapkan apa yang Anda inginkan atau butuhkan dari bisnis online agar Anda dapat berinvestasi di dalamnya. Mengidentifikasi bisnis yang memenuhi kriteria Anda – Setelah mengetahui apa yang Anda inginkan, Anda dapat mulai mencari bisnis yang sesuai dengan deskripsi ini. Menyelesaikan proses penawaran dan pembelian – Ini adalah tahap terakhir di mana Anda membuat penawaran untuk membeli bisnis, lalu menindaklanjuti dengan pembelian.

Menetapkan kriteria investasi

Ketika Anda ingin berinvestasi dalam bisnis, penting untuk menetapkan kriteria investasi Anda. Ini akan membantu Anda memahami jenis bisnis apa yang Anda cari, dan memungkinkan Anda membuat keputusan pembelian yang terinformasi dan analitis.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat menetapkan kriteria investasi Anda, yang meliputi:

Anggaran Anda Keahlian Anda Toleransi risiko Anda Minat Anda

Anggaran Mu

Ketika datang untuk memulai bisnis, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah menetapkan anggaran Anda. Ini akan tergantung pada situasi keuangan pribadi Anda dan opsi pembiayaan yang tersedia untuk Anda.

Tentukan berapa banyak modal yang Anda miliki untuk berinvestasi dalam bisnis. Juga, cari tahu berapa banyak yang ingin Anda simpan dalam investasi alternatif. Misalnya, pasar saham, real estat, rekening Roth IRA, reksa dana, atau rekening tabungan Anda.

Selain itu, Anda mungkin ingin melihat opsi pinjaman bisnis. Pinjaman SBA adalah pilihan populer untuk membiayai pembelian bisnis.

Keahlian Anda

Pertimbangkan apa yang Anda kuasai dalam menjalankan bisnis dan bidang apa yang mungkin kurang pengalaman Anda. Dengan mengidentifikasi kekuatan Anda sekarang, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menemukan bisnis yang memungkinkan Anda memainkannya dan menciptakan nilai.

Toleransi risiko Anda

Semua usaha bisnis memerlukan beberapa risiko kegagalan; risiko tidak dapat dihindari. Menilai toleransi risiko Anda akan membantu Anda menentukan apakah mengambil pinjaman SBA adalah keputusan yang tepat untuk Anda.

Toleransi risiko merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat membuat keputusan pembelian. Beberapa orang lebih bersedia mengambil risiko daripada yang lain. Tidak ada jawaban benar atau salah, tetapi penting untuk jujur ​​pada diri sendiri tentang tingkat toleransi risiko pribadi Anda. Ingatlah toleransi risiko Anda sendiri saat membuat keputusan pembelian.

Minat Anda

Minat Anda merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat Anda mencoba memutuskan jenis bisnis yang akan dibeli. Ingat, menjalankan bisnis membutuhkan banyak waktu dan tenaga, terutama di awal. Jika Anda membeli bisnis yang bergerak di bidang yang Anda minati, akan lebih mudah untuk tetap termotivasi dan terus bekerja keras di masa mendatang.

Inilah yang harus Anda ketahui sebelum berinvestasi di bisnis online: Cara mengidentifikasi bisnis yang memenuhi kriteria Anda.

Setelah Anda menentukan apa prioritas investasi Anda, sekarang saatnya untuk mengidentifikasi perusahaan yang sejalan dengan preferensi tersebut. Ada sejumlah situs daftar bisnis yang berbeda – seperti flippa.com – yang memiliki beragam bisnis yang tersedia untuk dibeli.

Tidak masalah jika Anda mencari bisnis SaaS atau situs konten, Anda akan menemukan banyak pilihan di Flippa dan platform serupa lainnya.

Selain menjelajahi situs daftar bisnis, cara lain untuk dipertimbangkan adalah bekerja sama dengan penasihat bisnis yang berpengalaman. Orang ini akan dapat membantu Anda menemukan bisnis yang memenuhi kebutuhan dan kriteria spesifik Anda.

Penasihat Anda dapat membantu Anda menemukan peluang yang mungkin tidak tersedia, dan memandu Anda menemukan bisnis yang memenuhi kriteria Anda.

Setelah Anda mengidentifikasi bisnis yang tampaknya memenuhi kriteria Anda, sekarang saatnya untuk melanjutkan proses penawaran dan pembelian.

Saat pertama kali menghubungi pemilik bisnis, perkenalkan diri Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda tertarik untuk membeli bisnis mereka. Ini juga saat yang tepat untuk bertanya dan mendapatkan lebih banyak informasi tentang perusahaan.

Penjual mungkin meminta Anda untuk menandatangani nondisclosure agreement (NDA) sebelum mengungkapkan lebih banyak detail tentang bisnis mereka. Perjanjian ini melarang Anda berbagi informasi tertentu tentang perusahaan.

Jika Anda tertarik dengan apa yang Anda lihat, jadwalkan panggilan telepon dengan penjual untuk membahas detail, mengajukan pertanyaan, dan mengenal satu sama lain dengan lebih baik.

Jika Anda memutuskan bahwa bisnis tersebut cocok untuk Anda, Anda kemudian dapat mengajukan penawaran. Selama tahap penawaran, Anda dan penjual akan menegosiasikan harga dan persyaratan kesepakatan sampai Anda mencapai kesepakatan. Penasihat bisnis yang baik dapat membantu Anda menavigasi proses negosiasi dan mencapai kesepakatan yang lebih menguntungkan.

Perjanjian Pembelian Aset

Setelah kesepakatan tercapai, Anda dan penjual akan menandatangani perjanjian pembelian aset yang menjabarkan ketentuan hukum dari kesepakatan tersebut. Selanjutnya, Anda akan memasuki due diligence.

Apa yang dicari

Saat memilih bisnis online untuk berinvestasi, ada empat pilar nilai utama yang perlu dipertimbangkan:

dokumentasi transferabilitas risiko pertumbuhan

Pertumbuhan mengacu pada potensi bisnis untuk meningkatkan ukuran atau pendapatan. Risiko adalah kemungkinan bahwa bisnis akan gagal atau berkinerja buruk. Transferabilitas adalah kemampuan untuk menjual bisnis atau meneruskannya ke pemilik lain. Dokumentasi mengacu pada catatan keuangan dan dokumentasi lain yang membuktikan keberadaan dan nilai bisnis.

Setelah Anda membeli bisnis, pertumbuhan penting terjadi agar Anda menerima pengembalian investasi yang sehat. Akibatnya, penting untuk memeriksa tren pertumbuhan masa lalu, saat ini, dan masa depan suatu perusahaan sebelum berinvestasi. Jika sebuah bisnis telah menunjukkan pertumbuhan yang konsisten di masa lalu, kemungkinan besar pola ini akan berlanjut di masa mendatang.

Selain menyelidiki tren pertumbuhan perusahaan di masa lalu, tentukan apakah ada potensi pertumbuhan di masa depan atau tidak. Jika ada peluang untuk perluasan, pertimbangkan cara-cara khusus yang dapat Anda berikan untuk perkembangan ini setelah Anda menjadi pemiliknya.

Saat Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi di perusahaan, penting untuk melihat situasi saat ini dan tren masa depan. Misalnya, jika Anda melihat adanya kesenjangan konten dalam strategi pemasaran calon perusahaan, Anda mungkin merasa yakin bahwa Anda dapat mengatasi kekurangan tersebut dan mendorong pertumbuhan di masa mendatang.

Namun, penting juga untuk memikirkan tren pertumbuhan industri secara luas. Apakah pasar diperkirakan akan tumbuh atau menurun di masa depan? Ini adalah faktor penting untuk dipertimbangkan sebelum membuat keputusan investasi. Untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang apakah suatu bisnis merupakan investasi yang berharga atau tidak, Anda perlu memperhitungkan ekspektasi pertumbuhan pasar dan masing-masing perusahaan.

Mempertaruhkan

Pertimbangkan risiko yang terlibat sebelum berinvestasi dalam bisnis apa pun – semua bisnis memiliki beberapa risiko bawaan. Beberapa bisnis lebih berisiko daripada yang lain. Timbang potensi keuntungan bisnis terhadap risiko relatif. Ingatlah situasi pribadi dan keuangan Anda saat membuat keputusan ini.

Sangat ideal untuk menemukan bisnis yang memiliki risiko rendah dan potensi pertumbuhan tinggi, namun jenis bisnis ini seringkali dihargai jauh lebih tinggi.

Transferabilitas

Saat Anda ingin menjual bisnis Anda, Anda ingin memastikan bahwa bisnis tersebut akan berhasil ditransfer ke pemilik baru tanpa dampak negatif apa pun pada kinerja. Namun, ini tidak selalu sesederhana kelihatannya.

Ada beberapa potensi masalah yang bisa muncul selama proses transfer, seperti jika pemilik baru kesulitan mengelola bisnis. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya prosedur operasi standar yang jelas, atau jika bisnis dijalankan dengan cara yang tidak teratur.

Di sisi lain, jika pemilik telah menetapkan prosedur operasi yang jelas dan memiliki tim untuk mengelola bisnis, akan lebih mudah bagi pemilik baru untuk mengambil alih.

Bisnis yang terkait erat dengan kepribadian pemiliknya dapat menghadirkan tantangan bagi pemilik baru. Misalnya, jika ada situs konten perjalanan yang berfokus hanya pada kisah pribadi pemiliknya, mungkin akan sulit mempertahankan tingkat kinerja yang sama.

Saat mencari bisnis untuk diinvestasikan, penting untuk mencari bisnis yang dapat dengan mudah dialihkan ke pemilik baru tanpa berdampak negatif pada penjualan dan pertumbuhan. Untungnya, ada banyak model bisnis populer yang memungkinkan perpindahan kepemilikan dengan mudah.

Dokumentasi

Memiliki dokumentasi yang jelas tentang operasi dan kinerja bisnis online Anda sangat penting untuk membuatnya menarik bagi calon pembeli. Dokumentasi yang baik mempermudah verifikasi keuangan dan kinerja perusahaan selama uji tuntas, dan juga menanamkan keyakinan bahwa bisnis dijalankan dengan kompeten.

Ini akan menyebabkan lebih sedikit kejutan selama proses transaksi dan setelah Anda mengambil alih operasi.

Jenis Bisnis Online Untuk Berinvestasi

Jika Anda berpikir untuk berinvestasi dalam bisnis online, ada banyak jenis yang dapat dipilih, masing-masing melayani minat atau keahlian yang berbeda. Beberapa model bisnis online yang paling umum meliputi:

Bisnis kasino: Bisnis ini memberi pengguna platform untuk berjudi dan bertaruh pada permainan. Bisnis taruhan olahraga: Serupa dengan bisnis kasino, bisnis taruhan olahraga memungkinkan pengguna memasang taruhan pada acara olahraga. Bisnis SaaS: Bisnis SaaS menawarkan perangkat lunak sebagai layanan, biasanya berdasarkan langganan. Situs konten: Situs konten menghasilkan pendapatan melalui iklan atau langganan, dan menghasilkan konten seputar topik atau ceruk tertentu. Bisnis e-niaga: Bisnis e-niaga menjual produk atau layanan secara online, dan dapat mengambil berbagai bentuk, dari skala kecil hingga operasi skala besar.

Manfaat Pajak Membeli Bisnis Online

Saat Anda membeli bisnis online, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada manfaat pajak yang terkait dengan transaksi tersebut. Jawabannya adalah bisa ada keuntungan pajak, terlepas dari apakah Anda membayar tunai atau menggunakan pinjaman dari Small Business Administration (SBA).

Ketika Anda memiliki dan mengoperasikan perusahaan, Anda biasanya diharuskan membayar pajak penjualan. Namun, ada beberapa potongan terkait bisnis yang dapat Anda ambil sebagai pemilik bisnis yang tidak dapat Anda ambil sebaliknya. Ini dapat membantu mengurangi, atau bahkan menghilangkan, tagihan pajak Anda.

Sebagai pemilik bisnis, sangat penting untuk tetap berada dalam batas-batas hukum saat mengambil potongan. Seorang akuntan ahli dapat membantu Anda memaksimalkan deduksi sambil tetap patuh. Selain itu, cara Anda menyusun bisnis dan membayar diri sendiri sebagai pemilik dapat memengaruhi tarif pajak pribadi Anda. Bicaralah dengan akuntan dan pengacara Anda untuk memilih struktur hukum yang tepat untuk bisnis Anda.

Author: Peter Adams